Gerakan Fateta Disiplin 2014Gerakan Fateta Disiplin 2014

Fakultas Teknologi Pertanian (FATETA) IPB mencanangkan Gerakan Fateta Disiplin yang akan berlangsung selama satu bulan penuh di bulan Maret 2014. Kegiatan ini dikooridinir oleh Komisi Disiplin Mahasiswa FATETA yang diketuai oleh Dr.Ir. Rokhani Hasbullah, M.Si.

Disiplin pada hakekatnya adalah berpikir, bersikap dan bertingkah-laku tertib. Ketika kita berada dalam suatu komunitas maka disana ada tata tertib; IPB juga memiliki tata tertib sebagaimana diatur dalam Keputusan Rektor IPB Nomor 09/I3/KM/2010 tentang Tata Tertib Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa IPB.

Dalam  Pasal 4 dinyatakan bahwa setiap mahasiswa wajib:

  • Berperilaku, berpenampilan dan bersikap sopan serta menjaga martabat sesama sivitas akademika, institusi, dan masyarakat;
  • Berpakaian rapi, membawa Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), sopan dan pantas, serta bersepatu sesuai dengan norma yang berlaku;
  • Menciptakan suasana yang sehat dan aman guna mendukung kelancaran proses belajar-mengajar;
  • Menjaga kebersihan, keindahan, dan ketenangan lingkungan guna mendukung kelancaran proses belajar-mengajar;
  • Memelihara semua fasilitas milik IPB dan menjaga kelancaran proses belajar-mengajar;
  • Menjaga kehidupan akademik yang mengutamakan kebenaran dan kejujuran.

Dan tata tertib itu harus kita patuhi dan kita tegakkan bersama. Penegakan disiplin adalah tugas kita bersama.  Jadi, Gerakan Disiplin ini dimaksudkan agar pembinaan disiplin mahasiswa dapat dipicu dan dipacu secara terpadu, serentak dan komprehensif, untuk mendukung upaya peningkatan pemahaman, penghayatan dan pengamalan norma dan etika kehidupan kampus bagi mahasiswa sebagaimana diatur dalam Keputusan Senat Akademik IPB Nomor 47/SA-IPB/2007 tentang Norma dan Etika Kehidupan Kampus.

 

Gerakan Fateta Disiplin ini selain bertujuan untuk mensosialisasikan tata tertib kehidupan kampus, juga bertujuan:

  1. Mendorong terciptanya lingkungan kehidupan kampus yang memungkinkan berkembangnya kehidupan akademis yang mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  2. Mendorong mahasiswa sebagai anggota masyarakat ilmiah dan warga kampus untuk bersikap dan berperilaku sesuai dengan norma, etika dan sistem nilai yang berlaku di IPB.

Pelaksanaan Gerakan Fateta Disiplin ini melibatkan Petugas Pendamping yang terdiri dari unsur tenaga pendidik (dosen) sebanyak 5 orang per Departemen, tenaga kependidikan sebanyak 3 orang per Departemen dan mahasiswa dari unsur Lembaga Kemahasiswaan (BEM, DPM, Himpro) masing-masing sebanyak 6 mahasiswa, sehingga totalnya berjumlah 71 Petugas Pendamping. Tuga tim pendamping adalah:

  1. Melakukan pengawasan secara intensif terhadap setiap pelanggaran yang dilakukan mahasiswa di lingkungan Kampus Fateta.
  2. Melakukan peneguran terhadap setiap pelanggaran yang dilakukan mahasiswa dan memberikan nasihat agar tidak  mengulanginya kembali.
  3. Melaporkan kepada Komisi Disiplin apabila terjadi pelanggaran secara berulang.

Sasaran Gerakan Fateta Disiplin adalah mahasiswa S1, S2 dan S3 di lingkungan kampus FATETA IPB.  Dari Gerakan Fateta Disiplin ini diharapkan dapat dijadikan sebagai upaya preventif terhadap pelanggaran norma dan etika serta tata tertib kehidupan kampus, sehingga tercipta suasana kampus yang tertib, aman, bersih, indah, ramah dan nyaman.

Launching pencanangan Gerakan Fateta Disiplin dilaksanakan pada Rabu 5 Maret 2014, dibuka secara langsung oleh Rektor IPB Prof. Herry Suhardiyanto dengan didampingi Dekan Fateta Dr. Sam Herodian serta dihadiri segenap undangan dari Fakultas lain, Ditmawa, Unit Keamanan Kampus, Dosen, Pegawai dan mahasiswa.

Pada acara launching tersebut juga dikumandangkan ikrar dari mahasiswa Fateta IPB.

IKRAR MAHASISWA FATETA

Kami mahasiswa Fateta, secara sadar dan bertanggungjawab, bertekad:

  1. Menciptakan suasana kampus yang aman, tertib, sehat dan kondusif.
  2. Menjaga tata tertib  dan melakukan penegakan kedisiplinan dalam kehidupan kampus.
  3. Senantiasa bersikap sopan, berpakaian rapi, menjaga kebersihan , keindahan dan ketenangan lingkungan
  4. Memelihara fasilitas kampus guna mendukung kelancaran proses belajar-mengajar.
  5. Menjaga kehidupan akademik yang mengutamakan kebenaran dan kejujuran serta menjunung tinggi harkat dan martabat.

Comments are closed.